Follow Us @ais_dafitri

follow me @ais_dafitri

Kamis, 24 Januari 2019

Berawal dari Benci menjadi Cinta "Banggaku menjadi Seorang Narablog"





Dunia blog bukanlah dunia yang saya impikan 10 tahun yang lalu. Dulu, tidak ada rasa tertarik sedikit pun dengan dunia blog. Semenjak saya SMP saya kurang suka dengan yang namanya menulis terutama mengarang sebuah tulisan yang harus menguras seluruh fikiran. Di masa itu saya lebih suka berbicara secara langsung dan mengutarakan hal-hal yang ada dalam fikiran saya secara lisan. Hal itu berlangsung hingga saya SMA, waktu SMA saya juga terkenal cerewet, banyak omong dan memang saya terlihat lebih aktif berbicara dibandingkan dengan teman yang lainnya.

Masa SMA pun sudah hampir selesai, waktunya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sama halnya seperti anak SMA yang lainnya kegalauan pun datang ketika memilih jurusan. Saya bukan dari keluarga yang bependidikan tinggi, karena kurang mengerti akan dunia perkuliahan, maka  orangtua saya menyerahkan semua keputusan mengenai perkuliahan kepada saya sepenuhnya. Dari pemilihan jurusan, kampus, tes masuk perguruan tinggi pun saya berangkat sendiri tanpa di damping orang tua seperti teman-teman saya. Tetapi saya tetap bersyukur, karena saya masih diberikan keberanian yang lebih. Tidak jauh dari hobi saya yang suka berbicara, saya memilih jurusan yang katanya membutuhkan kemampuan bicara yang baik di depan umum yaitu jurusan kesehatan masyarakat. Dari dulu saya memang suka dengan pelajaran biologi bisa dibilang sejalan dengan jurusan yang aku pilih sekarang.

Mulai dari sinilah saya mulai mengenal makeup yang mengantarkan saya  menjadi seorang narablogger seperti saat ini. Melihat banyak teman kuliah yang sudah memakai makeup, ingin rasanya saya juga mencicipi berbagai makeup seperti yang lainnya. Karena suka mencoba-coba makeup dan suka dandan juga, banyak teman saya yang bertanya seputar makeup. Pertanyaannya bervariasi dan itu sering sekali ditanyakan oleh orang yang berbeda. Suatu ketika saya disarankan oleh seorang sahabat untuk membuat youtube seperti beauty vlogger yang lagi hits di kala itu. Walaupun coba-coba akhirnya saya nyaman dengan dunia tersebut karena sesuai dengan passion saya yang suka bicara, bedanya ini bicara di depan kamera.

Rasa cinta saya mulai timbul dari sini, suatu ketika ada teman saya yang protes katanya kalau nonton channel youtube saya nanti boros kuota ( maklum anak kos , saya juga hemat kuota ) padahal mereka ingin melihat review produk yang sudah saya coba. Seketika saya merasa bahwa apa yang saya share itu belum bisa sepenuhnya dijangkau oleh teman-teman saya. Berawal dari itulah saya memulai untuk mencoba mencintai menulis dengan membuat blog untuk sharing mengenai produk kecantikan yang sudah saya coba. Awalnya saya ragu karena saya berfikir ini bukan passion saya. Tetapi setelah menggali ilmu dengan teman blogger kecantikan yang lain sedikit demi sedikit saya belajar dengan dunia blog dan kebencian saya yang dulu kini berubah menjadi cinta.

Menjadi narablog bukanlah hal yang mudah bagi saya, terutama dengan latar belakang yang kurang suka dengan hal menulis. Saya belum terlalu lama menjadi seorang narablog, saya sendiri merasa kurang konsisten dalam menulis di blog, banyak juga bulan yang saya biarkan kosong  tanpa postingan. Selama menjadi narablog banyak hal dalam hidup saya yang berubah terutama dalam hal social dan karir. Menjadi seorang narablog membuat saya mempunyai lebih banyak teman, terutama teman-teman dari beauty blogger. Kita bisa saling berbagi informasi, tips dan trik di dunia kecantikan, dan yang paling penting bisa saling support satu sama lain. Bukan itu saja, saya juga mendapat teman yang usianya lebih di atas saya, jadi saya bisa belajar ilmu rumah tangga salah satunya parenting. Saya juga banyak mendapatkan nasihat dan banyak nilai kehidupan yang dapat saya ambil dari cerita-cerita teman blogger lainnya.


Acara Pixy Beauty and Inspiring Talks 

Dalam hal karir, sejak menjadi narablog saya sering diundang ke beberapa acara brand makeup dan pernah juga masuk dalam laman tribun jateng sebagai seorang beauty blogger. Di tahun 2018 saya mendapat undangan sebagai blogger di acara pixy kosmetik dan aishaderm. Di awal tahun 2018 saya juga di percaya oleh tribun jateng untuk memberikan review saya mengenai sebuah brand di halaman web tribun jateng. Mungkin hal ini belum seberapa di mata orang lain, tetapi menurut saya ini pencapaian yang membagakan dalam hidup saya. Moment tersebut adalah pembuktian bahwa kerja keras saya sebagai narablog telah diakui.  Di era digital sekarang ini narablog banyak dicari oleh brand karena melalui narablog suatu brand dapat mengetahui kualitas produknya dan bisa mendapatkan masukan untuk produknya agar menjadi lebih baik. Melalui narablog suatu brand juga akan lebih dikenal oleh masyarakat, apalagi sekarang era digital yang semua orang menggunakan smartphone untuk menggali informasi tentang produk atau jasa yang akan mereka gunakan.

Menjadi seorang narablog tidak semudah membalikkan telapak tangan, yang paling sulit adalah menjaga mood untuk terus konsisten menulis. Di tahun 2019 ini resolusi saya adalah konsisten untuk terus berbagi dengan teman-teman semua melalui postingan di blog.  Banyak sekali pelajaran hidup yang saya dapatkan selama menjadi seorang narablog. Hal yang paling utama adalah “jangan takut untuk mencoba”. Hal yang kita benci atau tidak suka, hal yang kita anggap tidak mampu untuk melakukannya, hal yang kita anggap itu bukan passion kita mungkin kita tidak akan pernah tau kalau itu akan menjadi hal yang membagakan dalam diri kita sebelum kita mencobanya. Inilah banggaku menjadi seorang narablog.


with love 
Ais Dafitri 


6 komentar:

  1. keren, Mbak. Jadi mahasiswa yang pintat di dunia kesehatan sekaligus pandai menulis itu kombinasi yang luar biasa

    salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam keal juga, terimakasih sudah mau mampir kak

      Hapus
  2. Keren nih blogger yg mengekspansi zonanya ke vlogger jg, lanjutkan kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap lanjutkan, hehe makasih sudah mampir kak

      Hapus
  3. Salam kenal, mbak. Wah, semoga terus berkarya dan produktif ya dalam membuat konten dalam bentuk tulisan maupun video :)

    BalasHapus